Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Front Office (FO) Lengkap!

Pengertian Front Office (FO) Lengkap!

Halo teman-teman kembali lagi di blog ini satria.Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel mengenai pengertian front office.Penasaran lebih lanjut? mari kita langsung bahas saja.

Pengertian FO (Front Office)

Apa yang dimaksud dengan front office? Front office berasal dari bahasa inggris “front” yang berarti depan, serta “office” berarti kantor. Jadi front office merupakan kantor depan. Dalam konteks penafsiran hotel, kantor depan adalah suatu kementerian di hotel yang posisinya di bagian depan. 

Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan hotel ataupun lobby. Zona ini adalah tempat yang sangat padat jadwal di hotel. Dengan posisi di bagian depan hingga front office tercantum departemen yang sangat gampang dicari serta dilihat oleh tamu.
 
Buat menyebut front office, sebatian hotel memakai sebutan yang lain, ialah guest service zona (zona pelayanan tamu). Oleh sebab itu kepala dapertemennya diucap guest service manager. 
 
Sebaliknya petugasnya diucap guest service agen. Tetapi, demikian sebutan front office yang masih kerap dipakai baik industri perhotelan ataupun di golongan bimbingan.
 
Sebaliknya kata frontliner merupakan istilah buat petugas kantor depan yang langsung berhubungan dengan tamu (direct guest contact semacam reception, cashier, guest relation officer, doorman serta bellboy). 
 
Kerap kali ditemui pula sebutan front desk yang ialah istilah lebih kecil buat seksi penerima tamu. Disebut front desk sebab tugasnya di zona counter (desk).
 

Bagian-Bagian Front Office

Front Office Manager

Front office manager bertanggung jawab kepada general manager hotel, dia bertanggung jawab atas seluruh perihal yang bersangkutan dengan seluruh aktivitas operasional serta administrasi kantor depan.
 

Assistant Front Office Manager

Bertanggung jawab kepada front office manager bertugas buat menolong menuntaskan tugas pimpinan, mewakili manajer apabila berhalangan muncul di sesuatu rapat, mempersiapkan serta mengecek buat tamu berarti, mengkoordinir bawahan serta berkolaborasi dengan kementerian lain serta menerima komplain dari tamu.
 

Telephone Operator

Telephone operator merupakan satu section terletak di front office yang secara universal mempunyai tugas menerima telepon, menyambungkan telepon serta mencatat pesan tamu.
 

Reservasi

Reservasi merupakan satu section yang terletak di front office yang secara universal mempunyai tugas buat memperlancar operasional serta administrasi di bagian pemesanan kamar.
 

Reception

Reception merupakan section yang terletak di front office yang bertugas menanggulangi kehadiran tamu (check-in), baik menangani tamu dengan reservasi (reservation guest) ataupun tamu tanpa reservasi (walk-in guest) menanggulangi tamu pindah kamar (change room) serta menanggulangi tamu berangkat (check-out).
 

Front Office Cashiering

Front office cashiering merupakan section yang berada di front office yang bertugas menanggulangi rekening transaksi pembayaran dari para tamu saat sebelum mereka meninggalkan hotel (check-out).
 

Uniformend

Uniformend service merupakan section yang terletak di front office yang secara universal mempunyai tugas menanggulangi benda bawaan tamu baik tamu datang (check-in), tamu pindah kamar (room change) hingga tamu berangkat (check-out).
 

Information Service

Information service merupakan section yang terletak di front office yang secara universal mempunyai tugas buat membagikan bermacam-macam data kepada tamu secara pas serta akurat.
 

Fungsi Front Office

Menjual Kamar

  1. Menerima pesanan kamar
  2. Menanggulangi tamu tanpa pemesanan kamar (walk-in)
  3. Mengerjakan ataupun memproses registrasi tamu.
  4. Memastikan no kamar.

Mempersiapkan Serta Memberikan Pelayanan Data Hotel

  1. Data yang berhubungan dengan sarana hotel (Hotel Operation)
  2. Data tentang peristiwa serta tempat- tempat ataupun objek yang dapat dinikmati oleh tamu di luar hotel.
 

Mengkoordinir Pelayanan

  1. Antar kementerian yang berhubungan langsung dengan tamu dengan kementerian yang langsung berhubungan dengan tamu.
  2. Menanggulangi kasus tamu serta keluhan (complains)

Mengerjakan Laporan Tentang Status Kamar

  1. Status terjual (o)
  2. Lagi di kerjakan
  3. Kamar rusak (ooo)
  4. Vacant room (v)

Mempersiapkan Pembayaran

  1. Penataan polio serta rekening tamu
  2. Memasukan tagihan ke dalam folio (up dating)
  3. Mengawasi batasan tagihan (credit levels)
  4. Mengumpulkan transaksi tamu
 

Menanggulangi Pembayaran Tamu

  1. Mempersiapkan statement
  2. Menuntaskan pembayaran
 

Menyusun Catatan Riwayat Kunjungan Tamu

  1. Melaksanakan pencatatan informasi individual buat kunjungan yang hendak datang
  2. Menyelenggarakan arsip kartu riwayat kunjungan tamu (Guest History Card)

Menanggulangi Telephone Switchboard, Telex, Fax, Telegram

  1. Menanggulangi seluruh pembicaraan telepon
  2. Menerima serta mengirim telex, fax, serta telegram.
 

Menanggulangi Beberapa Barang Bawaan Tamu

  1. Menangani beberapa barang tamu pada waktu datang serta berangkat
  2. Menanggulangi perpindahan kamar
  3. Menangani penitipan beberapa barang bawaan tamu
 

Bagian Dan Tugas Front Office Hotel

Melaksanakan Penjualan Kamar Hotel

Ini ialah guna serta tugas utama front office di suatu hotel ialah melaksana kan penjualan kamar. Iktikad menjual di sini merupakan menyewakan kamar yang terdapat kepada para tamu yang tiba.Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan menjual kamar hotel meliputi:
 
  1. Menerima pesanan kamar
  2. Menanggulangi tamu yang tiba langsung buat memesan kamar (walk-in guest)
  3. Menanggulangi tamu yang sudah melaksanakan reservasi sebelumnya
  4. Melaksanakan registrasi tamu
  5. Memastikan kamar tamu
 

Mengantarkan Seluruh Data Tentang Hotel

Sebab front office terletak di bagian depan, hingga department ini bertanggung jawab buat mengantarkan seluruh perihal yang ditanyakan tamu menimpa data hotel yang meliputi:
 
  1. Seluruh produk layanan di dalam hotel
  2. Seluruh sarana universal hotel (zona dalam maupun luar)
 

Mengkoordinasi Pelayanan Tamu

Buat bisa melayani para tamu dengan baik mulai dikala check-in hingga dengan check-out, front office umumnya hendak berbicara dengan bagian department lain di hotel buat memudahkan proses yang terdapat paling utama dalam menanggulangi kasus tercantum keluhan tamu.
 

Menyusun Laporan Status Kamar

Bagian front office wajib menyusun laporan status kamar hotel dengan jelas serta memperbaikinya tiap dikala supaya tidak mengalami kesusahan dalam menjualnya.
 
Pekerjaan front office disini sangat berhubungan dengan department housekeeping untuk memperoleh data status kamar. Ada pula data yang wajib disusun serta dilaporkan ialah:
 
  1. Kamar yang siap huni
  2. Kamar yang lagi dibersihkan
  3. Kamar yang lagi dalam perbaikan
  4. Perpindahan kamar
  5. Kamar yang out-of-order
 

Mengurus Pembayaran Tamu

Front office berwenang dalam melakukan pencatatan seluruh keuangan dari transaksi tamu hotel semacam pembayaran sewa kamar baik tunai maupun non-tunai maupun deposito. Sebaliknya buat pencatatan keuangan hotel secara merata dicoba oleh bagian akuntansi.
 
Department front office disini melaksanakan aktivitas terpaut, semacam:
 
  1. Mempersiapkan pembayaran tamu
  2. Membuka rekening tamu
  3. Menyusun rekening tamu
  4. Mencatat transaksi pada rekening tamu
  5. Menghalangi jumlah kredit
  6. Melakukan prosedur check-out
 

Menyusun Riwayat Kunjungan Tamu

Seluruh kegiatan yang terdapat di dalam hotel umumnya hendak dicatat dalam wujud database tidak terkecuali riwayat kunjungan tamu. Informasi riwayat tamu semacam nafas kehidupan, sebab apabila tamu tersebut kembali lagi buat menginap, hingga pihak hotel sudah memiliki data berarti tentang tamu tersebut.
 

Melayani Seluruh Komunikasi Via Telepon, Dll. 

Suatu hotel memanglah wajib memiliki standar pelayanan komunikasi yang baik tercantum pelayanan komunikasi via telepon, faksimili, internet, email, dll.
 
Bagian front office harus menanggulangi layanan komunikasi tersebut, meliputi:
 
  1. Menerima seluruh pembicaraan via telepon
  2. Menerima serta membalas komunikasi via email ataupun faksimili
  3. Melaksanakan layanan wake-up call
  4. Dll
 

Menanggulangi Benda Bawaan Tamu

Front Office wajib melayani seluruh tamu yang tiba dengan baik, tercantum dalam menanggulangi benda bawaan tamu buat menginap. Ada pula kegiatan yang berkaitan semacam:
 
  1. Menanggulangi benda bawaan tamu yang datang
  2. Menangani benda bawaan tamu yang hendak check-out
  3. Menanggulangi benda bawaan tamu yang melaksanakan perpindahan kamar
 

Tugas Atau Pekerjaan Front Office Di Hotel

Menerima Serta Menanggulangi Pemesanan Kamar Oleh Calon Customer

Iktikad serta tujuan utama tamu menghadiri hotel merupakan buat menyewa kamar. Tugas bagian front office pada hotel menolong tamu buat menolong mengurus proses pemesanan kamar mereka. 
Hal-hal yang diurus buat pemesanan semacam informasi diri, kunci kamar, serta pembagian no kamar wajib dibantu oleh pihak front office supaya tamu merasa aman serta dimudahkan.
 

Melaksanakan Konfirmasi Pemesanan Ulang

Tamu dapat saja sudah memesan kamar terlebih dahulu melalui web ataupun aplikasi pendukung yang lain. Yang butuh mereka jalani supaya lekas dapat memperoleh kamar merupakan melaksanakan konfirmasi ulang dengan menampilkan fakta pemesanan pada web ataupun aplikasi pendukung tersebut. 

Bagian front office wajib betul- betul mengecek apakah yang ditunjukkan tamu itu formal maupun tidak supaya tidak terjalin perihal yang tidak di idamkan.
 

Menyongsong Serta Memberikan Salam Pisah

Bagian yang awal kali dilihat oleh wisatawan hotel merupakan meja depan ataupun front office. Hingga dari itu mereka wajib siap menyongsong kehadiran wisatawan serta menanyakan apa yang dapat dibantu menimpa reservasi ataupun keperluan di hotel tersebut. 

Sehabis wisatawan meninggalkan hotel, bagian front office pula bertugas menyapa kembali serta membagikan perkataan terima kasih dan selamat jalur. Perihal itu dicoba buat membuat wisatawan merasa aman.
 

Mengurus Bill Pembayaran Tamu Sepanjang Menginap Di Hotel

Bagian pembayaran ataupun kasir di hotel pula tercantum dalam bagian front office. Mereka wajib siap mengurus bill pembayaran tamu sepanjang menginap di hotel. 

Sebab mengurus pembayaran memerlukan ketelitian, hingga dari itu mereka pula dituntut buat cermat serta telaten dalam perihal ini biar tidak terdapat kerugian yang mengenai salah satu pihak.
 

Memberikan Pelayanan Informasi

Tugas terutama dari seorang front officer merupakan memberikan pelayanan data. Hingga dari itu mereka wajib belajar dengan perinci menimpa seluruh data yang berkaitan dengan hotel tersebut. 

Bila mereka tidak dapat menanggapi ataupun membagikan data yang salah tentang data hotel tersebut, nama baik hotel pula hendak terpengaruhi.
 

Menanggulangi Keluhan-Keluhan Tamu Yang Menginap Di Hotel

Tidak seluruh proses menginap wisatawan berjalan mudah. Terdapat kalanya sebagian permasalahan entah itu kesalahan teknis ataupun perilaku pihak hotel membuat wisatawan merasa tidak aman. 

Mereka juga kesimpulannya mengantarkan keluhan- keluhan yang mereka natural semacam AC yang mati, terdapat aroma yang tidak nikmat, sarana tidak cocok dengan apa yang diinformasikan web, serta pelayanan yang tidak mengasyikkan. Front officer lah yang bertugas buat menanggulangi keluhan tersebut.
 

Pengertian Front Office Menurut Para Ahli

Bagi Bagyono (2012) front office berasal dari bahasa inggris “Front” yang maksudnya depan, serta “office” berarti kantor. Front office merupakan kantor depan. dalam konteks penafsiran hotel, Kantor depan hotel adalah suatu departemen di hotel yang posisinya di bagian depan.
 

Apa Itu Front Desk?

Front desk adalah Yang diartikan dengan front desk adalah orang yang bertugas di barisan sangat depan industri, misalnya resepsionis.
 
Uraian:
Front desk adalah gambaran suatu industri, sebab front desk hendak mewakili industri menanggulangi tamu yang masuk serta keluar kantor. Sebab gunanya lumayan berarti, seseorang front desk diharuskan sanggup berbicara dengan baik kepada seluruh tamu, serta sanggup berlagak ramah serta bahagia membantu. 
 

Contoh Action Plan Front Office Department

Contoh Action Plan Front Office Department

Kesimpulan

Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian front office semoga artikel kali ini bermanfaat, sampai jumpa dan terima kasih banyak.

Posting Komentar untuk "Pengertian Front Office (FO) Lengkap!"